Instalasi Laravel 8 Menggunakan Composer dan Git

Instalasi Laravel 8 Menggunakan Composer dan Git - Halo sobat Sidat.ID, bagaimana kabar sobat semuas ? semoga selalu dalam keadaan sehat dan sukses ya. Kali ini kita akan membahas tutorial instalasi laravel 8 di lapto / pc sobat dengan sangat mudah. Dan sobat dirumah, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ya. Namun sebelum kita mulai , kita kenalan dulu dengan laravel 8


Pengertian dan Sejarah Singkat Laravel

Laravel adalah salah satu Framework yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan membantu memaksimalkan penggunaan PHP dalam proses pengembangan / development Website.

( source : https://laravel.com/ )

Framework Laravel diciptakan oleh Taylor Otwell. Laravel diciptakan oleh Taylor Otwell untuk memberikan alternatif yang lebih baik untuk framework PHP lain seperti Codeigniter.

Framework Laravel pertama kali diperkenalkan pada 9 Juni 2011 dengan versi beta. Dalam versi ini Laravel belum menggunakan konsep MVC. 

Selanjutnya Laravel 2, versi ini dirilis pada September 2011. Yang kemudian menjadikan Laravel sebagai MVC Framework yang sepenuhnya.

Laravel 3 dirilis pada Februari 2012 dengan fitur barunya Command-Line Interface (CLI) yang biasa disebut Artisan

Laravel 4 diliris pada Mei 2014, dan pada versi ini sudah menggunaan Komposer sebagai pengelolanya.

Laravel yang dikembangkan sejak tahun 2011 dan sampai saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Pada tahun 2015, Laravel adalah framework yang paling banyak mendapatkan bintang / trend positif di Github. Dan sampai saat ini, framework Laravel menjadi salah satu yang populer di dunia termasuk di Indonesia. Hingga saat ini, laravel telah berkembang ke Versi Laravel 8

Laravel menjadikan pengembangan website menjadi lebih elegan, ekspresif, dan menyenangkan. Serta Laravel mempermudah proses pengembangan website dengan bantuan fitur unggulan yang dimilikinya.

Proses pengembangan website dengan laravel memberikan keuntungan Website mudah untuk dikembangkan dan membantu proses pengembangan dalam team menjadi lebih cepat.


Dokumetasi Laravel

Untuk kita yang awam dengan laravel, kita diberikan dokumentasi lengkap cara menggunakan Laravel. Untuk memahami dokumentasi laravel, atau apa saja yang ada di laravel baik dari segi fitur dan cara penggunaanya. Sobat bisa kunjungi halaman dokumentasi laravel dan disana sudah tersedia lengkap semua fitur dan kegunaan laravel.


Langkah - Langkah Instalasi Laravel 8

Untuk memulai instalasi laravel, kita memerlukan beberapa perangkat pendukung yaitu

  1. Localhost server, seperti XAMPP, MAMP, dll
  2. Composer
  3. Git Bash

Pertama, sobat install dulu localhost server di komputer / PC sobat. Agar nantinya kita bisa menjalankan projek kita di browser. Sobat bisa pilih beberapa aplikasi localhost server yang tersedia. Dalam kasus ini, kita menggunakan XAMPP Localhost.

Kedua, Sobat bisa install Composer yang gunanya untuk memudahkan kita menginstall Laravel 8. Dan software opsional tambahan yaitu Git Bash. Untuk instalasi kedua aplikasi ini, sobat bisa ikuti link tutorial instalasi composer dan git.


Kalau sobat sudah install aplikasi pendukung dan keperluannya, sekarang kita akan mulai ke tahap instalasi Laravel 8.

Langkah Pertama, kita buka direktori htdocs xampp di C:\xampp\htdocs. Buat sobat yang menggunakan localhost lainnya, bisa menyesuaikan ya. 

Kemudian pada direktori tersebut, di bagian ruang kosong sobat klik kanan dan pilih Git Bash Here.

Cara Mudah Instalasi Laravel 8 Menggunakan Composer dan Git


Langkah Kedua, pada window Git Bash, sobat ketikkan code 

composer create-project laravel/laravel nama_projek

Pada nama_project tersebut sobat bisa sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jadi dalam kasus ini, kita menggunakan nama project pjk_laravel.

Cara Mudah Instalasi Laravel 8 Menggunakan Composer dan Git

Kalau sudah, silahkan sobat tekan enter dan proses instalasi akan berjalan. Jangan lupa untuk koneksikan laptop / PC sobat ke internet. Instalasi tidak akan berjalan lama, tergantung pada kecepatan internet masing-masing.

Cara Mudah Instalasi Laravel 8 Menggunakan Composer dan Git

Pada gambar diatas, kita sudah berhasil instalasi Laravel 8. Dan folder projek dengan nama pjk_laravel telah berhasil dibuat.


Langkah Ketiga, Kita masuk ke dalam direkori folder projeknya (dalam contoh pjk_laravel). Caranya sobat ketikkan code berikut id terminal git

cd nama projek (contoh : cd pjk_laravel)

Kemudian sobat tekan enter. Dan sobat sudah berhasil masuk kedalam folder projeknya. Selanjutnya , kita jalankan server laravel 8 dengan mengetikkan code berikut di terminal git

php artisan serve

Kemudian sobat tekan enter, nanti pada tampilan di terminal git server laravel 8 akan berjalan. Bertuliskan "Starting Laravel Development Server". Untuk lebih jelasnya, sobat bisa lihat pada gamabr dibawah ini.

Cara Mudah Instalasi Laravel 8 Menggunakan Composer dan Git


Langkah Keempat, untuk mengakses project laravel kita bisa kita akses melalui browser dengan mengetikkan alamat http://127.0.0.1:8000 di url browser kemudian enter. Atau sobat bisa mengklik alamat tersebut pada terminal git dengan Ctrl + klik alamatnya. Nanti otomatis browser akan terbuka dan projek laravel sobat berjalan. Contohnya seperti gambar berikut.

Cara Mudah Instalasi Laravel 8 Menggunakan Composer dan Git

Langkah Kelima, kalau sobat ingin membuka folder project dengan cepat dan ingin melihat apa saja code dan juga library dari laravel ini, silahkan ketikkan code .  di terminal git(ini untuk visual studio code). Nanti visual studio code otomatis akan membuka code projek pjk_laravel yang kita buat.


OK sobat, sekian dulu tutorial installasi laravel 8 dengan mudah menggunakan composer dan git. Semoga tutorial kali ini membantu, dan kita akan berjumpa lagi di tutorial berikutnya. Salam, Sidat.ID.

Comentarios

Entradas populares de este blog

Car Insurance Quotes

Cara Install dan Download Virtual Box di Windows

5 manfaat ikan sidat