Setting Home Screen seperti Google Phone di Xiaomi

Setting Home Screen seperti Google Phone di Xiaomi  - Halo sobat Sidat.ID, bagaimana kabar kalian ? semoga selalu dalam keadaan sehat dan sukses. Kali ini kita akan membahas tutorial smartphone, yaitu mengenai Pengaturan Home Screen di Xiaomi.

Home Screen adalah tampilan utama dari penempatan dan tata letak aplikasi kita di smartphone. Mulai dari penggunaan Launcher, Ukuran Font, Ukuran tampilan App, dan pengaturan jumlah kolom per barisnya di layar smartphone.

Untuk lebih jelasnya buat sobat, yuk kita langsung bahas aja dengan langkah-langkah dibawah ini.


Pengaturan Home Screen

Pertama, kita ketahui dulu kalau smartphone Xiaomi itu menggunakan system android yang sudah dimodifikasi oleh Xiaomi sendiri dengan nama MIUI yang mana kita bisa mendapatkan tampilan yang berbeda dengan smartphone android lainnya, termasuk dengan tampilan smartphone google itu sendiri (yang menggunakan pure android).

Kedua, di MIUI kita bisa membuat folder-folder khusus pada tampilan Home Screen. Tapi kalau sobat suka dengan gaya dari Android One, kita bisa mengaturnya menjadi App Drawer. Berikut ini keduanya.

home screen default MIUI

Yang pertama adalah home screen default dari MIUI yang mana seperti tampilan diatas, kita swipenya ke kanan dan kiri untuk menampilkan aplikasi. Dan di home screen, bisa membuat folder-folder yang kita inginkan untuk mengelompokkan beberapa aplikasi.

home screen dengan "With App Drawer"

Yang kedua adalah dengan "With App Drawer" yang akan kita bahas, yaitu pada tampilan diatas, untuk kita mencari aplikasi itu kita swipe up ke atas dan akan muncul beragam aplikasi yang kita punya. Dan style ini sangat mirip seperti Android One atau miliknya Google tanpa diubah-ubah. Nah kalau sobat suka yang seperti ini, begini cara mengubahnya.

Ketiga, Sobat ke home dulu , kemudian tekan dengan satu jari pada ruang kosong di halaman home layar smartphone. Dan akan muncul beberaa icon di bagian atas dan bawah nantinya. seperti contoh berikut ini.
tekan/sentuh layar selama 3-5 detik


Tekan / Sentuh layar home kurang lebih 3 sampai 5 detik, hingga muncul beberapa icon dan juga icon settings seperti pada gambar. Sobat pilih icon Settings, kemudian akan muncul tampilan popup setting cepat. Disini, sobat pilih/sentuh More.
pilih More untuk membuka setting lebih banyak


Kalau sudah, nanti akan muncul tampilan Settings yang lebih lengkap. Oke sekarang kita fokus dulu di bagian Home Screen.
pilih menu Home Screen

Di bagian home screen ini, sobat bisa mengganti tampilan aplikasi MIUI menjadi mirip android google dengan memilih menu Home Screen
Pada bagian App Drawer, akan aktif ketika sobat memilih With App Drawer Nantinya.

pilih App Drawer

Sobat pilih, With App Drawer dengan menekan/sentuh pada bagaian yang ditunjukkan panah pada gambar diatas. Dan tampilah home screen sobat akan berubah.

Tapi kan, backgroundnya cuma hitem / putih saja ? Tenang, sobat juga bisa mengatur transparansi dari background home screen with ap drawer, agar gambar background sobat terlihat.

Caranya, pada gambar sebelumnya, yang menu App Drawer disable akan berubah menjadi enable dan bisa di sentuh/pilih. sekarang pilih pada menu App Drawer dan akan ada menu setting tambahan seperti berikut.

Nah, dari gambar diatas, sobat pilih Backgrounds dan nanti akan ada beberapa pilihan pengaturan background termasuk dengan transparansi background.
atur transparansi background

Sobat akan menemukan ada 3 jenis background utama yaitu Light, Dark, dan System. Sobat bisa memilih salah satunya. Untuk mengatur transparansi, sobat ubah pada scrollbar dibawahnya, atur sesuai selera mau yang 10%, 20%, 50% samai 100%. Kalau sudah sesuai, sentuh/tekan APPLY untuk menerapkan pengaturan.

Dan sekarang perhatikan pada Home Screen sobat yang sebelumnya menggunakan MIUI, akan berubah layaknya android google. Tinggal swipe keatas, dan semua aplikasi sobat akan bermunculan.

Kalau di MIUI Regular kita bisa menggunakan Folder untuk mengelompokkan aplikasi, kalau di App Drawer ini, ada bagian atas tersedia tab-tab yang bisa sobat atur untuk mengelompokkan aplikasi. Jadi tinggal geser kanan - kiri untuk melihat aplikasi yang sudah terkelompokkan.
tab-tab pengelompokan aplikasi App Drawer



Pengaturan Jumlah Aplikasi Per Kolom dan Besaran Icon Aplikasi

Oke sobat, masih ada beberapa hal yang bisa kit ubah pada menu setting di Home Screen yaitu pada jumlah icon yang dapat tampil dalam satu baris dan juga besaran icon aplikasi yang ada di hoe screen. Dan berikut adalah langkah-langkah pengaturannya.

Pertama, pada menu setting Home Screen, sobat scoll kebagian bawah dan temukan Icon Size dan Home Screen Layout.
menu icon size dan home screen layout

  • Icon Size adalah pengaturan untuk merubah ukuran icon aplikasi yang kita miliki di home screen. Ada beberapa ukuran yang bisa sobat atur nantinya.
  • Home Screen Layout adalah pengaturan untuk jumlah icon yang muncul dalam satu baris home screen.
Kedua, kita akan ubah Icon Size. Sobat pilih pada pengaturan / setting icon size. Dna akan muncul tampilan seperti berikut.
icon size

Sobat silahkan atur ukuran dari icon yang diinginkan. Ada ukuran extra small (XS) , small (S), medium (M), large (L), dan extra large (XL). Kalau sudah silahkan di klik APPLY untuk menerapkan perubahan.

Ketiga, Untuk pengaturan Home Screen Layout sobat dapat memilih 4x5 atau 5x6 artinya :
  • 4x5 , ada 4 kolom dengan 5 baris dalam satu home screen layout.
  • 5x6 , ada 5 kolom dengan 6 baris dalam satu home screen layout.

Oke sobat, sekian dulu tutorial Cara Setting Home Screen seperti Google Phone di Xiaomi . Semoga tutorial kali ini bermanfaat untuk sobat semua. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Salam, Sidat.ID.

Comentarios

Entradas populares de este blog

Car Insurance Quotes

Cara Install dan Download Virtual Box di Windows

5 manfaat ikan sidat